ASYIKNYA BELAJAR DI BULAN RMADHAN

Mawar_21 ---Untuk memperjelas pengertian pembelajaran berpusat pada murid, ada baiknya kita melihat definisinya. Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada murid dipandang bahwa proses dan pengalaman belajar diatur dan dikontrol oleh murid itu sendiri. Murid secara mandiri memutuskan tentang bagaimana, di mana, dan kapan belajar tentang suatu hal yang mereka anggap penting.

Namun, jika dilihat dan dicermati dalam pembelajaran nyata, murid tidak akan bisa secara otomatis mandiri tanpa ada tuntunan maupun arahan dari pembimbing atau pengajar. Murid tidak bisa memilih dan memutuskan hal yang perlu dipelajari tanpa pernah diajar, diarahkan, dibimbing, ataupun didampingi.

Proses untuk dapat mandiri harus melalui pembimbingan. Dengan demikian, bagaimana mungkin pembelajaran berpusat pada murid karena murid masih bergantung dan membutuhkan pendampingan, pengarahan, dan bimbingan?

Guru dan murid tidak akan pernah sempurna sehingga tidak bisa dijadikan sebagai pusat pembelajaran.

Demikian juga guru tidak bisa menjadi pusat pembelajaran karena guru memiliki kekurangan, kelemahan, dan keterbatasannya dalam mengajar. Guru dan murid tidak akan pernah sempurna sehingga tidak bisa dijadikan sebagai pusat pembelajaran.

Guru dan murid memiliki kelabilan dan bisa berubah paradigma dan standar hidupnya. Untuk itu, harus ada dasar yang kokoh dan standar sebagai pusat pembelajaran.