ASYIKNYA BELAJAR DI BULAN RMADHAN
Mawar_21
---Untuk memperjelas pengertian pembelajaran berpusat pada murid, ada baiknya
kita melihat definisinya. Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada murid
dipandang bahwa proses dan pengalaman belajar diatur dan dikontrol oleh murid
itu sendiri. Murid secara mandiri memutuskan tentang bagaimana, di mana, dan
kapan belajar tentang suatu hal yang mereka anggap penting.
Namun,
jika dilihat dan dicermati dalam pembelajaran nyata, murid tidak akan bisa
secara otomatis mandiri tanpa ada tuntunan maupun arahan dari pembimbing atau
pengajar. Murid tidak bisa memilih dan memutuskan hal yang perlu dipelajari
tanpa pernah diajar, diarahkan, dibimbing, ataupun didampingi.
Proses
untuk dapat mandiri harus melalui pembimbingan. Dengan demikian, bagaimana
mungkin pembelajaran berpusat pada murid karena murid masih bergantung dan
membutuhkan pendampingan, pengarahan, dan bimbingan?
Guru dan murid tidak akan pernah sempurna sehingga tidak bisa
dijadikan sebagai pusat pembelajaran.
Demikian
juga guru tidak bisa menjadi pusat pembelajaran karena guru memiliki
kekurangan, kelemahan, dan keterbatasannya dalam mengajar. Guru dan murid tidak
akan pernah sempurna sehingga tidak bisa dijadikan sebagai pusat pembelajaran.
Guru
dan murid memiliki kelabilan dan bisa berubah paradigma dan standar hidupnya.
Untuk itu, harus ada dasar yang kokoh dan standar sebagai pusat pembelajaran.