SDN 21 MEMULAI HARI PERTAMA

SDN 21 MEMULAI HARI PERTAMA 

 

 

SDN 21 Tolomundu memulai hari pertama masuk sekolah dengan kedatangan peserta didik baru dalam memulai Tahun Pelajaran 2022-2023. Peserta didik tersebut ialah anak-anak kelas 1 SD yang akan menggantikan kakak kelasnya yang terdahulu. Keceriaan para peserta didik dari kelas 1 hingga kelas 6 telah nampak menghiasi lapangan SDN 21 Tolomundu dipagi hari. Selain senang bertemu dengan teman-teman lainnya, peserta didik tampak antusias memulai hari dengan walikelas yang baru. Kegiatan pagi hari diawali oleh kegiatan upacara yang dipimpin oleh PLH Ikbal Tanjung, S.Pd. karena Kepala Sekolah SDN 21 Tolomundu Sulami, S,Pd yang kebetulan sedang berada diluar kota. Kegiatan Upacara berjalan dengan penuh khidmat, rapi, dan disiplin.

Setelah kegiatan upacara selesai, semua peserta didik masing-masing masuk kedalam kelas masing-masing. Untuk hari pertama semua peserta didik dari kelas 1 hingga kelas 6 menjalani MPLS. MPLS adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. MPLS merupakan program penyambutan peserta didik baru dari pihak sekolah yang diterapkan pada awal tahun ajaran pendidikan.
Selain menyambut peserta didik, MPLS juga menjadi kegiatan pengenalan bagi pelajar mengenai aktivitas, lingkungan, hingga sarana dan prasarana sekolah.


KEGIATAN MPLS

Berikut kegiatan MPLS seperti :

1.     Pengenalan program sekolah.

2.     Pengenalan cara belajar di sekolah.

3.     Pengenalan konsep diri.

4.     Pembinaan awal kultur sekolah.

5.     Pengenalan sarana dan prasarana sekolah.

 

TUJUAN MPLS

Program ini tentu memiliki tujuan pelaksanaan.

1.  Mengenali potensi peserta didik baru melalui formulir profil peserta didik yang terdiri dari identitas, riwayat kesehatan, potensi atau bakat, sifat atau perilaku, dan profil orang tua atau wali.

2.   Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif untuk peserta didik.

3.Menumbuhkan perilaku positif, jujur, mandiri, menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, disiplin, serta hidup bersih dan sehat.

4.Membantu peserta didik beradaptasi dengan aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

5.  Mengembangkan interaksi positif antarpeserta didik dan warga sekolah lainnya.

    Kepala sekolah bertanggungjawab penuh atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pengenalan lingkungan.