SDN 21 MEMULAI HARI PERTAMA
SDN 21 MEMULAI
HARI PERTAMA
SDN
21 Tolomundu memulai hari pertama masuk sekolah dengan kedatangan peserta didik
baru dalam memulai Tahun Pelajaran 2022-2023. Peserta didik tersebut ialah
anak-anak kelas 1 SD yang akan menggantikan kakak kelasnya yang terdahulu.
Keceriaan para peserta didik dari kelas 1 hingga kelas 6 telah nampak menghiasi
lapangan SDN 21 Tolomundu dipagi hari. Selain senang bertemu dengan teman-teman
lainnya, peserta didik tampak antusias memulai hari dengan walikelas yang baru.
Kegiatan pagi hari diawali oleh kegiatan upacara yang dipimpin oleh PLH Ikbal Tanjung,
S.Pd. karena Kepala Sekolah SDN 21 Tolomundu Sulami, S,Pd yang kebetulan sedang
berada diluar kota. Kegiatan Upacara berjalan dengan penuh khidmat, rapi, dan
disiplin.
Setelah kegiatan upacara selesai, semua peserta didik masing-masing masuk kedalam kelas masing-masing. Untuk hari pertama semua peserta didik dari kelas 1 hingga kelas 6 menjalani MPLS. MPLS adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. MPLS merupakan program penyambutan peserta didik baru dari pihak sekolah yang diterapkan pada awal tahun ajaran pendidikan. Selain menyambut peserta didik, MPLS juga menjadi kegiatan pengenalan bagi pelajar mengenai aktivitas, lingkungan, hingga sarana dan prasarana sekolah.
KEGIATAN MPLS
Berikut kegiatan MPLS seperti :
1. Pengenalan program sekolah.
2. Pengenalan cara belajar di sekolah.
3. Pengenalan konsep diri.
4. Pembinaan awal kultur sekolah.
5. Pengenalan sarana dan prasarana sekolah.
TUJUAN MPLS
Program ini tentu memiliki
tujuan pelaksanaan.
1. Mengenali potensi peserta didik baru melalui formulir profil
peserta didik yang terdiri dari identitas, riwayat kesehatan, potensi atau
bakat, sifat atau perilaku, dan profil orang tua atau wali.
2. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif untuk
peserta didik.
3.Menumbuhkan perilaku positif, jujur, mandiri, menghargai,
menghormati keanekaragaman dan persatuan, disiplin, serta hidup bersih dan
sehat.
4.Membantu peserta didik beradaptasi dengan aspek keamanan,
fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.
5. Mengembangkan interaksi positif antarpeserta didik dan warga
sekolah lainnya.
Kepala
sekolah bertanggungjawab penuh atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
dalam pengenalan lingkungan.