Sosialisasi Jadwal Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Tahun Pelajaran : 2024/2025

Mawar_21 Supervisi pembelajaran di SDN 21 Tolomundu Kota Bima secara implementatif dilaksanakan oleh kepala sekolah atau guru yang ditugaskan oleh kepala sekolah selaku penanggungjawab mutu satuan pendidikan. kepala sekolah sebagai pihak yang paling bertanggungjawab atas penjaminan mutu sekolah pada wilayah kerjanya.

Memperhatikan pentingnya supervisi pembelajaran dalam penjaminan mutu penyelenggaraan pembelajaran di SDN 21 Tolomundu Kota Bima, Kepala Sekolah SDN 21 Tolomundu Kota Bima . Kurikulum mensosialisasikan jadwal pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Tahun Pelajaran : 2024/2025. Senin (20/08/24). Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di ruang guru tersebut diikuti oleh semua dewan guru.

Dalam sambutannya Kepala Sekolah Sulami S.Pd mengatakan bahwa tujuan supervisi bukan untuk menghakimi atau menvonis seorang guru tidak berkualitas. Kegiatan supervisi merupakan salah satu kegiatan pengawasan sekaligus pembinaan pada suatu institusi pendidikan untuk meningkatkan mutu dan kualitas kegiatan belajar mengajar di dalamnya. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Waka. Kurikulum agar jadwal supervisi ini disesuaikan dengan jadwal pelajaran yang berlaku, sehiggga tidak mengganggu proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang lain.

“Saya sudah meminta kepada Waka. Kurikulum agar jadwal supervisi dapat menyesuaikan dengan jadwal yang telah berjalan. Sehingga pelaksanaan supervisi ini tidak mengganggu yang lain” Ujar Kepala Sekolah. “Supervisi pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan yang bersifat pembinaan, pembimbingan dan konsultatif.” Imbuhnya

Sementara itu Waka. Kurikulum, Umikaltum S.Pd dalam penjelasannya meminta para guru agar tidak terlalu takut dan khawatir terhadap kegiatan supervisi ini. Pihaknya berharap para dewan guru untuk mereview perangkat pembelajaran yang telah disusun di awal tahun pembelajaran.

Lebih lanjut Umikaltum  mengatakan kegiatan supervisi, untuk menjamin kegiatan pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien. Karenanya kegiatan supervisi pembelajaran akan kita jadwalkan secara sistematis dan berkesinambungan. Supervisi pembelajaran perlu dilaksanakan dengan asas dialogis konsultatif dan menjamin terwujud dan terpeliharanya kreativitas guru dalam mewujudkan proses pembelajaran yang dapat membangkitkan daya kreatif, kritis, komunikatif, kolaboratif peserta didik.