Sosialisasi Jadwal Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Tahun Pelajaran : 2024/2025
Mawar_21 Supervisi pembelajaran di SDN 21 Tolomundu Kota Bima secara
implementatif dilaksanakan oleh kepala sekolah atau guru yang ditugaskan oleh
kepala sekolah selaku penanggungjawab mutu satuan pendidikan. kepala sekolah sebagai pihak yang paling bertanggungjawab atas penjaminan mutu sekolah
pada wilayah kerjanya.
Memperhatikan
pentingnya supervisi pembelajaran dalam penjaminan mutu penyelenggaraan
pembelajaran di SDN 21 Tolomundu Kota Bima, Kepala Sekolah SDN 21 Tolomundu Kota
Bima . Kurikulum mensosialisasikan jadwal pelaksanaan Supervisi
Pembelajaran Tahun Pelajaran : 2024/2025. Senin (20/08/24). Kegiatan
sosialisasi yang dilaksanakan di ruang guru tersebut diikuti oleh semua dewan
guru.
Dalam
sambutannya Kepala Sekolah Sulami S.Pd mengatakan bahwa tujuan supervisi
bukan untuk menghakimi atau menvonis seorang guru tidak berkualitas. Kegiatan
supervisi merupakan salah satu kegiatan pengawasan sekaligus pembinaan pada
suatu institusi pendidikan untuk meningkatkan mutu dan kualitas
kegiatan belajar mengajar di dalamnya. Pihaknya telah berkoordinasi dengan
Waka. Kurikulum agar jadwal supervisi ini disesuaikan dengan jadwal pelajaran
yang berlaku, sehiggga tidak mengganggu proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
yang lain.
“Saya sudah meminta kepada Waka. Kurikulum agar jadwal supervisi
dapat menyesuaikan dengan jadwal yang telah berjalan. Sehingga pelaksanaan
supervisi ini tidak mengganggu yang lain” Ujar Kepala Sekolah. “Supervisi
pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan yang bersifat
pembinaan, pembimbingan dan konsultatif.” Imbuhnya
Sementara
itu Waka. Kurikulum, Umikaltum S.Pd dalam penjelasannya meminta para guru agar
tidak terlalu takut dan khawatir terhadap kegiatan supervisi ini. Pihaknya
berharap para dewan guru untuk mereview perangkat pembelajaran yang telah
disusun di awal tahun pembelajaran.
Lebih lanjut Umikaltum mengatakan kegiatan supervisi, untuk menjamin kegiatan pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien. Karenanya kegiatan supervisi pembelajaran akan kita jadwalkan secara sistematis dan berkesinambungan. Supervisi pembelajaran perlu dilaksanakan dengan asas dialogis konsultatif dan menjamin terwujud dan terpeliharanya kreativitas guru dalam mewujudkan proses pembelajaran yang dapat membangkitkan daya kreatif, kritis, komunikatif, kolaboratif peserta didik.