KEGIATAN SORE HARI UNTUK MENAMBAH PEMAHAMAN BERHITUNG SISWA SISWI KELAS VB SDN 21 TOLOMUNDU KOTA BIMA

Mawar_21 "Belajar matematika itu tentu tidak hanya berkaitan dengan akademis, tapi juga dengan pengembangan soft skills," kata Nuryanti S.Pd.

Hal tersebut disampaikan Nuryanti S.Pd yang dilakukan pada sore hari. Adapun pengembangan keterampilan pembelajaran matematika yang dimaksud Nuryanti S.Pd antara lain belajar tentang perkalian, pembagian serta pecahan biasa, serta mengembangkan rasa ingin tahu. Menurut Nuryanti S.Pd, semua hal itu tentu dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sayangnya, cukup banyak orang baik anak-anak maupun orang dewasa yang tidak suka matematika. Secara psikologis, Nuryanti mengatakan hal tersebut dapat dipicu oleh pengalaman yang tidak menyenangkan saat belajar matematika.

"Misalnya, saat belajar matematika di rumah selalu diwarnai dengan bentakan atau ketidaksabaran orang tua dalam mengajari anaknya," ujar Nuryanti.

Untuk itu, Nuryanti S.Pd pun mengingatkan bahwa saat menemani anak belajar matematika, orang tua harus memastikan bahwa kegiatan tersebut akan menyenangkan bagi anak. "Lebih kaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari dan tentu sampaikan dengan cara yang menyenangkan," imbuh Ibu yanti.

Kegiatan sore hari ibu yanti berinisiatif untuk mengadakan pembelajaran tambahan khususnya pelajaran matematika  dengan anak-anak yang masih belum paham pelajaran tersebut.  Agar pada saat KBM berlangsung semua kemampuan anak rata dan menyukai pelajaran matematika.