KEGIATAN SORE HARI UNTUK MENAMBAH PEMAHAMAN BERHITUNG SISWA SISWI KELAS VB SDN 21 TOLOMUNDU KOTA BIMA
Mawar_21 "Belajar matematika itu
tentu tidak hanya berkaitan dengan akademis, tapi juga dengan pengembangan soft
skills," kata Nuryanti S.Pd.
Hal tersebut disampaikan Nuryanti
S.Pd yang dilakukan pada sore hari. Adapun pengembangan keterampilan
pembelajaran matematika yang dimaksud Nuryanti S.Pd antara lain belajar tentang
perkalian, pembagian serta pecahan biasa, serta mengembangkan rasa ingin tahu.
Menurut Nuryanti S.Pd, semua hal itu tentu dapat diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari.
Sayangnya, cukup banyak orang baik
anak-anak maupun orang dewasa yang tidak suka matematika. Secara psikologis, Nuryanti
mengatakan hal tersebut dapat dipicu oleh pengalaman yang tidak menyenangkan
saat belajar matematika.
"Misalnya, saat belajar
matematika di rumah selalu diwarnai dengan bentakan atau ketidaksabaran orang
tua dalam mengajari anaknya," ujar Nuryanti.
Untuk itu, Nuryanti S.Pd pun
mengingatkan bahwa saat menemani anak belajar matematika, orang tua harus
memastikan bahwa kegiatan tersebut akan menyenangkan bagi anak. "Lebih
kaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari dan tentu sampaikan dengan
cara yang menyenangkan," imbuh Ibu yanti.
Kegiatan sore hari ibu yanti
berinisiatif untuk mengadakan pembelajaran tambahan khususnya pelajaran
matematika dengan anak-anak yang masih
belum paham pelajaran tersebut. Agar
pada saat KBM berlangsung semua kemampuan anak rata dan menyukai pelajaran
matematika.