LITERACY WITH GAME EDUCATION
LITERACY IN EDUCATIONAL GAMES
Admin : Meci Ameliah
Kamis pagi
tanggal 09 Februari 2023 SDN 21 Tolomundu kembali dengan program rutin yang
menyenangkan. Literasi kali ini dibawakan oleh seluruh guru kelas 3 dan seluruh
peserta didik kelas 3. Literasi kali ini mengangkat sebuah permainan yang
mengandung edukasi. Permainan tersebut bernama guess what and guess who. Untuk pembuka yang menyenangkan ibu guru
wali kelas 3-A yang bernama Nurwasita, S.Pd memberikan ice breaking yang menyenangkan.
Acara selanjutkan
dipandu dan dibawakan oleh ibu guruwali kelas 3-C yang bernama Meci Ameliah,
S.Pd. Permainan edukasi ini memiliki sintaks, Tahap pertama wakil dari kelas
3A, 3B, dan 3C sebanyak 5 orang akan membacakan sebuah kosa kata bahasa inggris
secara bergantian, tahap kedua yaitu audiens akan menebak profesi, buah, dan
hewan dari kosa kata yang disampaikan. Tahap ke tiga yaitu guru yang menjadi
pembimbing akan memilih secara acak peserta didik yang mengakat tangan lebih
dahulu. Bila peserta didik tersebut berhasil menjawab, maka peserta didik
tersebut akan mendaptkan sebuah reward/hadiah yang telah disediakan sebelumnya.
Tujuan dari
permainan ini adalah untuk membuah seluruh peserta didik belajar mengenai
kosakata bahasa inggris terbaru dan manfaat lain seperti meningkatkan kemampuan
kognitif anak, mengasah otak anak, membantu dalam hal akademik, meningkatkan
kreativitas dan konsentrasi, serta melatih kemampuan multitasking. Permainan ini
berjalan dengan sangat meriah, para peserta didik berebut menjawab pertanyaan dan
ingin maju kedepan. Para guru pun sangat antusias karena permainan tersebut
diikuti juga oleh para guru. Literasi ini berakhir pada pukul 08.00 dan para
peserta didik kembali ke dalam kelas dan melakukan kegiatan belajar mengajar
seperti biasa.