LITERACY WITH GAME EDUCATION

LITERACY IN EDUCATIONAL GAMES

Admin : Meci Ameliah

Kamis pagi tanggal 09 Februari 2023 SDN 21 Tolomundu kembali dengan program rutin yang menyenangkan. Literasi kali ini dibawakan oleh seluruh guru kelas 3 dan seluruh peserta didik kelas 3. Literasi kali ini mengangkat sebuah permainan yang mengandung edukasi. Permainan tersebut bernama guess what and guess who. Untuk pembuka yang menyenangkan ibu guru wali kelas 3-A yang bernama Nurwasita, S.Pd memberikan ice breaking yang menyenangkan.

Acara selanjutkan dipandu dan dibawakan oleh ibu guruwali kelas 3-C yang bernama Meci Ameliah, S.Pd. Permainan edukasi ini memiliki sintaks, Tahap pertama wakil dari kelas 3A, 3B, dan 3C sebanyak 5 orang akan membacakan sebuah kosa kata bahasa inggris secara bergantian, tahap kedua yaitu audiens akan menebak profesi, buah, dan hewan dari kosa kata yang disampaikan. Tahap ke tiga yaitu guru yang menjadi pembimbing akan memilih secara acak peserta didik yang mengakat tangan lebih dahulu. Bila peserta didik tersebut berhasil menjawab, maka peserta didik tersebut akan mendaptkan sebuah reward/hadiah yang telah disediakan sebelumnya.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk membuah seluruh peserta didik belajar mengenai kosakata bahasa inggris terbaru dan manfaat lain seperti meningkatkan kemampuan kognitif anak, mengasah otak anak, membantu dalam hal akademik, meningkatkan kreativitas dan konsentrasi, serta melatih kemampuan multitasking. Permainan ini berjalan dengan sangat meriah, para peserta didik berebut menjawab pertanyaan dan ingin maju kedepan. Para guru pun sangat antusias karena permainan tersebut diikuti juga oleh para guru. Literasi ini berakhir pada pukul 08.00 dan para peserta didik kembali ke dalam kelas dan melakukan kegiatan belajar mengajar seperti biasa.