KEGIATAN PELAKSANAAN KBM DI SDN 21 TOLOMUNDU KOTA BIMA

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Sekolah Dasar (SD) adalah proses utama dalam pendidikan dasar. Proses ini mencakup berbagai langkah yang bertujuan untuk memberikan pendidikan yang bermutu kepada siswa. Berikut adalah tahapan dalam proses KBM SD:
Perencanaan Kurikulum:
- Guru-guru SD bersama dengan staf kurikulum sekolah merencanakan kurikulum yang akan diajarkan dalam satu tahun pelajaran.
- Mereka mengidentifikasi tujuan pembelajaran, materi ajar, dan metode pengajaran yang akan digunakan.
Pembelajaran:
- Guru-guru menggunakan kurikulum yang telah direncanakan untuk mengajar siswa di kelas.
- Mereka menggunakan berbagai metode pengajaran, seperti ceramah, diskusi, dan aktivitas praktik, untuk memfasilitasi pemahaman siswa.
Evaluasi:
- Guru-guru melakukan penilaian terhadap kemajuan siswa. Ini bisa melibatkan ujian, tugas, atau proyek-proyek.
- Hasil evaluasi digunakan untuk menilai pemahaman siswa dan memandu pengajaran lebih lanjut.
Pemberian Umpan Balik:
- Guru memberikan umpan balik kepada siswa tentang kemajuan mereka, serta saran untuk perbaikan.
- Umpan balik ini membantu siswa memahami di mana mereka berada dalam proses pembelajaran dan bagaimana mereka bisa meningkatkan prestasi mereka.
Pengembangan Pribadi:
- Selain pembelajaran akademis, proses KBM juga mencakup pengembangan karakter dan keterampilan sosial siswa.
- Sekolah SD biasanya memiliki program-program ekstrakurikuler untuk mendukung pengembangan ini.