PELAKSANAAN KBM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV B

Semenjak saya menjadi guru IPA di sdn 21 Tolomundu Kota Bima, berbagai macam tantangan dalam kegiatan belajar mengajar datang silih berganti. Mulai dari kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran IPA, keterbatasan alat untuk praktikum, dan lain-lain. Padahal KBM IPA adalah mata pelajaran yang membutuhkan pemahaman. Sudah banyak siswa yang beranggapan bahwa mata pelajaran IPA itu susah. Terutama untuk materi yang kurang dapat terdefinisikan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Salah satu materi yang sulit adalah pemahaman terhadap materi gelombang bunyi. Hal ini diperkuat oleh pernyataan dari Wittmann (2003) dari hasil penelitiannya yang menyebutkan bahwa gelombang bunyi adalah materi yang sulit dimengerti karena banyak kesalahan konsep dalam memahaminya persamaannya. Hasil penelitian Sadgolu (2013) juga menyebutkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menyampaikan perambatan melalui medium hingga sampai ke telinga pendengar.