PELAKSANAAN KBM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV B
Semenjak
saya menjadi guru IPA di sdn 21 Tolomundu Kota Bima, berbagai macam tantangan
dalam kegiatan belajar mengajar datang silih berganti. Mulai dari kurangnya
minat siswa terhadap pembelajaran IPA, keterbatasan alat untuk praktikum, dan
lain-lain. Padahal KBM IPA adalah mata pelajaran yang membutuhkan pemahaman.
Sudah banyak siswa yang beranggapan bahwa mata pelajaran IPA itu
susah. Terutama untuk materi yang kurang dapat terdefinisikan dalam kehidupan
sehari-hari siswa. Salah satu materi yang sulit adalah pemahaman terhadap
materi gelombang bunyi. Hal ini diperkuat oleh pernyataan dari Wittmann
(2003) dari hasil penelitiannya yang menyebutkan bahwa gelombang bunyi
adalah materi yang sulit dimengerti karena banyak kesalahan konsep dalam
memahaminya persamaannya. Hasil penelitian Sadgolu (2013) juga menyebutkan
bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menyampaikan perambatan
melalui medium hingga sampai ke telinga pendengar.