KEGIATAN PENGIRIMAN SURAT DI KANTOR POS TOLOMUNDU BERSAMA SISWA KELAS 5
Mawar_21---Kamis,
24 Oktober 2024, MENULIS secara umum merupakan suatu kegiatan komunikasi berupa
penyampaian pesan (informasi) secara tertulis kepada pihak lain dengan
menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya. Aktivitas menulis
melibatkan beberapa unsur yaitu penulis sebagai penyampaian pesan, isi tulisan,
saluran, atau media dan pembaca. Menulis juga dapat dikatakan sebagai kegiatan
merangkai huruf menjadi kata atau kalimat untuk disampaikan kepada orang lain,
sehingga orang lain dapat memahaminya. Karena dengan menulis dapat terjadi
komunikasi antar penulis dan pembaca dengan baik.
Salah satu bagian keterampilan menulis adalah
menulis surat. Surat merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari
aktivitas manusia dalam era modern ini. Surat adalah sarana untuk menyampaikan
pikiran, isi hati, maksud, atau kehendak kepada orang lain melalui bahasa tulis
dengan menggunakan kertas sebagai medianya. Dalam menulis surat penulis harus
terlebih dahulu memahami bagian-bagian surat, kegunaan surat, bahasa surat, dan
langkah-langkah dalam penyusunan surat.
Surat resmi menurut Mansur (1998:3) adalah surat
yang diselenggarakan antara perusahaan dengan perusahaan, perusahaan dengan
instansi pemerintah dan sebaliknya, perusahaan dengan perseorangan dan
sebaliknya, instansi pemerintah dengan perseorangan dan sebaliknya. Berdasarkan
sifat dan penggunaan ragam bahasa yang ditulis dengan bahasa resmi atau baku,
surat lamaran, surat permohonan izin, dan sejenisnya yang dibuat atas nama diri
sendiri termasuk dalam surat resmi.
Lemahnya kemampuan peserta didik dalam menulis
surat resmi disebabkan alokasi waktu pembelajaran menulis di sekolah-sekolah
selama ini relatif lebih kecil. Hal ini menyebabkan kemampuan peserta didik
belum maksimal. Peserta didik kurang mendapatkan pengalaman dan pengetahuan
dalam pembelajaran menulis. Model pembelajaran Project Based Learning dapat menumbuh kembangkan peserta didik
dalam menyusun pengetahuan dan keterampilan peserta didik pada masalah autentik
sebagaimana yang telah dilakukan pada Kelas VII SMP Negeri 1 Doro Sebagaimana
terdapat dalam kompetensi (KD) yang ada dalam kurikulum 2013 masa pandemi pada
KI 4.7 Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan
memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi. Semua Langkah PBL dalam masa
pandemi ini dilaksanakan melalui Whatsapp.
Langkah-langkah dalam PBL meliputi: orientasi
masalah, identifikasi masalah, pengumpulan data, mengembangkan dan
mendemontrasikan hasil, dan evaluasi dan pemecahan masalah. Pada pembelajaran
online peran guru sebagai fasilitator sehingga dihasilkan langkah-langkah
sebagai berikut.
Langkah pertama, setelah guru memberikan
apersepsi, dan motivasi sehingga siswa menjadi tertarik dengan materi yang akan
diberikan, siswa diorientasikan terhadap permasalahan yang diajukan.
Permasalahan ini didapat dari contoh surat resmi yang biasa ditemui dalam
kehidupan sehari-hari yang dibagikan via WA sehingga tiap siswa menerima surat
sebagai bahan diskusi dalam pembelajaran.
Langka kedua berupa identifikasi masalah. Setelah
guru membagikan siswa ke dalam 4-6 kelompok online, Guru membagikan lembar
kerja siswa (LKS) pada tiap kelompok. Melalui lembar Kerja, siswa dalam tiap
kelompok diharuskan mengidentifikasi masalah yang akan didiskusikan sesuai
bagian yang sudah ditentukan.
Langkah ketiga adalah guru membimbing pengumpulan
data dari tiap kelompok sebanyak-banyaknya, mereka diharapkan menemukan
berbagai permasalahan berdasarkan pengetahuan mereka sendiri dalam memecahkan
masalah.
Langkah keempat yaitu berdasarkan hasil yang
diperoleh selama diskusi, siswa difasilitasi untuk menganalisa data yang
terkumpul sesuai masalah yang ada. Siswa memberi argumen terhadap permasalahan
yang ada dalam lembar kerja dalam bentuk laporan atau produk hasil diskusi.
Mereka di minta mendemontrasikan hasil diskusi mereka.
Langkah kelima yaitu siswa merefleksikan dan
mengevaluasi terhadap proses yang mereka lakukan. Refleksi dan evaluasi ini
selanjutnya di presentasikan oleh setiap kelompok.
Kunci utama dalam mengembangkan keterampilan
menulis surat resmi adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Project Based
Learning yang merupakan rangsangan untuk memunculkan gagasan-gagasan dalam
pembelajaran menulis surat resmi. Penggunaan metode PBL dapat meningkatkan
kualitas proses pembelajaran yakni siswa lebih antusias, aktif dan mandiri
serta kualitas hasil atau nilai siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan
nilai di atas KKM lebih dari 75 persen siswa dalam satu kelasnya.